Meski Dilarang, Iklan Penjual "Follower" Masih Marak di Instagram

Ilustrasi Logo Instagram

Instagram berulang kali menyatakan pihaknya melarang keras akun-akun yang menjual jasa menambah pengikut (follower) untuk wira-wiri di layanannya. Imbauan ini terakhir kali diumbar pada November 2018 lalu.

Ironisnya, Instagram masih saja menyediakan ruang bagi akun-akun tersebut untuk beriklan via Instagram Stories. Setidaknya begitu menurut temuan investigasi TechCrunch.

Tak kurang dari 17 akun penyedia jasa menambah followers yang otomatis menyebar notifikasi dan komentar spam ke pengguna, kepergok memanfaatkan iklan di Instagram untuk mempromosikan jasa mereka.

Temuan ini mengesankan Instagram tidak konsisten dengan kebijakannya, bahkan cenderung oportunis. Instagram seakan melarang akun-akun penjual follower beroperasi jika tak beriklan saja.

Merespons laporan dari TechCrunch, Instagram bergegas menghapus semua iklan dari akun-akun penjual followers. Bukan cuma itu, akun-akunnya sendiri pun diklaim cepat-cepat diblokir.

Namun, pembersihan itu cuma berlaku satu hari saja. Keesekon hari pasca TechCrunch melapor ke Instagram, masih ditemukan lima akun penjual follower yang membayar iklan promosi ke Instagram.

Pertanyaan besarnya, apakah Instagram benar-benar ingin memusnahkan akun-akun spam dari layanannya atau cuma sebatas kata-kata saja? Lantas mengapa aksi nyata baru dilakukan ketika ada laporan investigasi yang mengungkap praktik ini?

Terlepas dari pertanyaan yang cuma diketahui kebenarannya oleh Instagram, ada baiknya menilik cerita di balik investigasi ini. Jurnalis TechCrunch, Josh Contine, menceritakan secara runut proses penyelidikannya.

Saya memulai investigasi ini sekitar bulan lalu, setelah melihat iklan Instagram Stories dari akun bernama GramGorilla, kata dia.

Iklan itu menampakkan seorang pria yang mengaku jumlah pengikutnya bertambah setelah menggunakan layanan GramGorilla. Ada tautan khusus pada iklan tersebut yang membawa pengguna ke proses transaksi.

"Paket"follower yang ditawarkan beragam, mulai dari 46 dollar AS hingga 126 dollar AS (Rp 651.000 hingga Rp 1,7 jutaan) per bulan. Pengguna dijanjikan bisa menambah 1.000 hingga 2.500 pengikut.

Taktik yang dilakukan layanan semacam GramGorilla ini bisa dibilang sebagai bentuk pelanggaran data pribadi pengguna. Sebab, sang pembeli jasa harus memberikan username dan password akun mereka.

Selanjutnya, GramGorilla dkk bakal otomatis menggunakan akun pengguna untuk follow dan unfollow, like, serta berkomentar di akun Instagram orang lain yang tak dikenal oleh pengguna.

Belum ada Komentar untuk "Meski Dilarang, Iklan Penjual "Follower" Masih Marak di Instagram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel