Kabel Serat Optik Ini Pernah Deteksi Gempa di Indonesia

Peneliti GFZ sedang menguji coba reaksi kabel optik dan seismometer di salah satu wilayah Eslandia

- Sekelompok peneliti internasional berhasil menggunakan kabel serat optik untuk melacak aktivitas seismik. Kabel serat optik yang digunakan merupakan kabel yang sama, yang tertanam di bawah tanah, untuk mengalirkan koneksi internet dan layanan televisi.

Seperti seismometer, para peneliti mengklaim jika kabel internet juga memiliki sensitivitas terhadap guncangan di bawah tanah.

Penelitian yang dikepalai oleh Dr. Philippe Jousset dari pusat penelitian geosains Jerman (GFZ Helmholtz Centre Potsdam) ini, menggunakan kabel serat optik sepanjang 15 kilometer.

Kabel tersebut telah dipasang di antara dua pembangkit tenaga listrik geothermal di Islandia sejak 1994. Getaran laser yang diturunkan ke serat kabel tunggal, cukup untuk menentukan apakah terdapat gangguan di sepanjang bentangan kabel atau tidak.

Para peneliti melakukan perekaman aktivitas ketika tanah bergetar dan menyebabkan kabel renggang atau terkompresi.

Adapun beberapa aktivitas yang mereka rekam adalah trafik lokal, goncangan seismik, dan para pejalan kaki yang melintas.Kabel itu juga bisa menangkap sinyal dari kekuatan gempa besar yang pernah terjadi di Indonesia.

Namun Dr. Jousset tidak menerangkan lebih lanjut, gempa di Indonesia yang mana yang terbaca oleh teknologi yang dikembangkannya.

"Pada awalnya, kami tidak tahu apa yang bisa kami rekam. Tapi kami bisa mendeteksi gempa dari kejauhan," jelas Dr. Jousset, seperti KompasTekno kutip dari BBC, Kamis (5/7/2018).

Dr. Jousset sesumbar jika teknik yang ia ciptakan bersama timnya, hampir setara dengan seismometer. Sayangnya, teknik ini belum siap digunakan lebih luas lagi.

"Saat ini ada lebih banyak kemungkinan, jadi harganya akan turun. (Teknologi) ini bisa beroperasi dalam beberapa tahun. Tidak di semua tempat tapi di suatu tempat," ujarnya.

Dr. Jousset dan tim mengaku telah menemukan perusahaan di Eropa yang sangat terbuka dengan gagasan pemanfaatan kabel optik sebagai pendeteksi gempa. Mereka pun merancang studi lanjutan dalam waktu dekat. Ia pun optimis tentang potensi teknologi ini untuk mengawasi aktivitas vulkanik dan kegempaan.

Belum ada Komentar untuk "Kabel Serat Optik Ini Pernah Deteksi Gempa di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel