Mengingat Kembali Bentuk Ponsel Tertua hingga Terbaru

Ilustrasi pengguna ponsel.

Apa yang pertama kali Anda lakukan setelah membuka mata dari bangun tidur di pagi hari? Apakah mengecek smartphone?

Wajar kalau iya. Rutinitas harian, seperti bekerja muncul pemberitahuannya dari ponsel. Baik itu berbentuk notes, reminder yang Anda buat sendiri, atau dari notifikasi digroup chat.

Dengan berbagai fitur dan teknologi terbarunya, banyak aktivitas bergantung pada ponsel.

Berkomunikasi, berfoto, belajar, dan menikmati hiburan, semuanya dalam genggaman. Ditambah lagi, desain smartphone semakin variatif.

Kalau ditelusuri lebih jauh,mobile phonesudah berevolusi dengan pesat. Marithrowbacksejenak, ingatkahdenganponsel pertama dulu?

Mulanya muncul dengan ukuran yang besar, sekarang ponsel dengan mudah dapat Anda kantongi.

Berikut ini adalah berbagai perkembangan fitur dan desain ponsel yang sejak awal muncul di era 70-an.

Awalnya telepon genggam keluar pada 1983. Bentuknya mirip batu bata dengan berat 2,4 pound ataukurang lebih 4 kilogram.

Dilansir thisisinsider.com, Sabtu (25/7/18), CEO dari merek telepon genggam pertama itu mengangkat perangkatnya dan bisa menelepon selama 30 menit dengan sebelumnya daya baterai harus diisi selama 10 jam.

Tentu runyam jadinya kalausmartphonedi era ini harus di-charge 10 jam dulu agar berfungsi.

Seiring berjalannya waktu dari tahun ke tahun, rupa telepon genggam pun mengecil dan lebih mudah dibawa.

Awalnya, telepon genggam hanya hadir dengan tombol angka dan beberapa tombol lain untuk melengkapi fungsi panggilan telepon.

Selanjutnya, ia hadir denganalphanumeric keypadspada 1989. Dilansir knowyourmobile.com, alphanumeric keypads adalah tombol yang memiliki angka dan dilengkapi dengan tiga hingga empat huruf.

Contohnya, di tombol nomor 2 ada a, b, dan c. Satu kali tekan untuk ketik a, dua kali tekan untuk b, dan tiga kali untuk c. Empat kali bila ada huruf selanjutnya.

Inilah yang akhirnya memfasilitasi pengguna ponsel dapat bertukar pesan teks. Terlebih lagi sudah ada display sebagai layar tulisan dan menu.

Nah, kebiasaan kirim pesan teks atau SMS lebih mudah lagi karena hadir inovasi mobile phone dengan keyboard Qwerty pada 1996.

Urutan huruf baris pertama Q-W-E-R-T-Y dan ada huruf-huruf selanjutnya. Tombol huruf diletakkan sendiri-sendiri sehingga tak perlu repot lagi tekan tombol beberapa kali demi memunculkan satu huruf.

Pada 1989 hadir juga telepon genggam model flip atau disebut pulaclamshell design. Desain mobile phone ini sempat menjadi tren pada beberapa merk telepon genggam.

Modelslidejuga turut bermunculan.Display mobile phonebisa digeser ke atas dan keypad baru terekspos.

Untuk bermain game,mobile phonedengan desain sidekick menjadi tren awal 2000-an. Display bisa digeser secaralandscapesehingga bermain game lebih leluasa.

Jadi, terlihat dari tahun ke tahun bukan hanya teknologi dan fitur dalam smartphone yang berubah. Desainnya pun berevolusi, menyesuaikan kebutuhan dan kenyamanan pengguna.

Kini, sampailah pada masa tren smartphone berada dalam mode layar sentuh.

Dilansir artinstitues.edu, Kamis (22/1/15) desain smartphone mengutamakan layar yang lebih besar dan lebih sedikit tombol fisik. Keyboard ada dalamtouchscreendan akan muncul seperlu pemakai saja.

Semua perubahan utamanya untuk mengoptimalkan kemampuan multimedia, jadi aspek kejernihan, layar yang lebih besar dan high definition diutamakan.

Ada jugasmartphoneyang menghadirkan ultimate all-screen, tanpa ada tempat untuknotchdanspacekamera depan. Namun, 32 MP Pop-up camera hadir sebagai inovasi untuk memotret selfie yang lebih berkualitas.

Bingkai samping dan atasnya juga telah direduksi dan hanya memiliki ukuran 1,75 mm dan 2,2.Ultimate all screenmembuat pengguna merasakan pengalaman menonton video, bermain game, atau melihat foto yang lebih leluasa.

Konsep tampilan layar penuh dengan AI Triple Camera pada kamera belakang yang mumpuni kini biasanya menjadi pertimbangan memilikismartphone. Apalagi, jika ada kamera utama dan kamera kedua 8MP dengan super side angle, serta 5MP depth camera yang bisa hasilkan efek bokeh.

Vivo V15 merupakan salah satusmartphoneyang memiliki fitur ini. Tambahannya, ada dua desain warna pilihan, yaitu Royal Blue dan Glamour Red.

Entah akan ada apalagi fitur, inovasi, atau desainsmartphonenanti. Dari perkembangan desainnya, cukup terlihat kalau kenyamanan penggunasmartphonediutamakan.

Nah, ke depannya akan seperti apa ya? (ADS)

Belum ada Komentar untuk "Mengingat Kembali Bentuk Ponsel Tertua hingga Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel